Welcome to BPP Kedungwaru

Selasa, 22 Maret 2016

Sejuta Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan

 
Beluntas yang memiliki nama latin Pluchea indica (L.) Less atau dalam bahasa China disebut dengan Luan Yi sekilas tidak asing bagi kita. Masyarakat desa sering mengkonsumsinya sebagai sayuran bahkan disajikan dalam bentuk segar yang masih mentah sebagai lalapan. Selain itu pemanfaatan beluntas bisa juga untuk pakan ternak kambing, sapi dan kerbau.

Beluntas yang termasuk dalam famili Compositae memiliki daun yang berbau khas aromatis dan rasanya getir namun menyegarkan. Daun maupun akar beluntas sangat bermanfaat bagi kesehatan, hal ini dikarenakan beluntas memiliki sifat stomakik, diaforetik dan analgesic. Karena itu bagian akar dan daun beluntas biasanya dipakai sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 
Selain kaya nutrisi, terdapat juga kandungan kimia dalam daun beluntas di antaranya alkaloid, kalsium, asam chlorogenik, natrium, magnesium, flavonoid, tanin, minyak atsiri dan fosfor. Sedangkan pada akar beluntas terdapat kandungan flafonoida dan tannin. Kadar minyak atsiri daun beluntas sebanyak 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli.
Daun beluntas dapat digunakan sebagai antibacterial extract. Hal tersebut telah diuji oleh Davis Stout yang dilakukan terhadap bakteri-bakteri dari kelompok patogen penyebab keracunan makanan seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, Staphylococcus aureus dan Bacillus cereus.
Mengatasi Bau Badan
Daun beluntas dapat digunakan untuk mengatasi bau badan dan bau mulut yang tidak sedap. Caranya adalah dengan mengkonsumsi daun beluntas sebagai lalapan atau dimasak dengan cara dikukus saja untuk mengatasi bau badan dan bau mulut yang mengganggu. Daun beluntas bisa juga digunakan untuk permasalahan kaum hawa seperti keputihan dan nyeri haid. Untuk mengatasi keputihan pada wanita, caranya dengan mengambil 20 helai daun beluntas, kemudian direbus dengan segelas air dan 1 akar tapak liman. Minum ramuan ini dua kali sehari. Sedangkan untuk mengatasi nyeri haid saat datang bulan dapat digunakan 20 helai daun beluntas kemudian rebus dengan segelas air. Tambahkan sedikit asam atau garam. Ramuan ini dapat meredakan nyeri haid yang sering menggangu wanita yang rutin terjadi hampir tiap bulan.
Penyakit reumatik dapat juga disembuhkan dengan mengkonsumsi beluntas. Caranya 15 gr akar beluntas dicuci bersih, kemudian direbus lalu diminum. Selain itu juga potensi daun beluntas dapat digunakan juga sebagai obat radang (inflamasi) dan obat diare karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. coli.
Manfaat lain daun beluntas adalah untuk menurunkan panas, menyembuhkan luka radang, sakit pinggang serta mengobati scabies, dapat pula digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan menambah nafsu makan.
Masih banyak manfaat tersembunyi dari tanaman ini selain untuk kesehatan manusia. Apalagi di zaman yang mulai melirik Go-organik  atau kembali kealam adalah pilihan yang tepat apabila memanfaatkan tanaman-tanaman yang ada di pekarangan seperti beluntas untuk dikonsumsi sebagai sayuran sehingga kesehatan dapat terjaga dan meminimalisasikan penggunaan bahan kimia yang hanya akan menambah pengeluaran dan berdampak negatif bagi kesehatan. Astri Anto
                                                                                                                          
Sumber : Sinar tani edisi 3615 tgl 15-21 juli 2015
 

1 komentar: