Welcome to BPP Kedungwaru

Jumat, 18 Maret 2016

DELAPAN STRATEGIS PENGENDALIAN AI



DELAPAN STRATEGIS PENGENDALIAN AI
Oleh : Ety Setyaningsih, SP


  1. Meningkatkan kegiatan biosekuriti praktis/sederhana seperti isolasi, lalu lintas terhadap pekerja dan kendaraan, pembersihan dan disinfeksi terhadap kandang dan peralatan kandang
  2. Depopulasi atau pemusnahan terbatas terhadap itik/unggas sakit atau yang sekandang atau yang kontak langsung dengan unggas sakit AI. Caranya dengan pembakaran atau penguburan bangkai  unggas. Caranya dengan pembakaran atau penguburan bangkai unggas
  3. Vaksinasi AI H5N1 lokal clade 2.1.3 dapat digunakan pada ternak itik dan ayam  komersial dengan menerapkan program vaksinasi secara benar. Lalu dilakukan pengulangan dua hingga lima kali disertai pemberian npakan feed supplement yang cukup dengan managemen pemeliharaan yang baik.

4.                  Pengawasan lalu lintas. Lalu lintas unggas hidup dipersyaratkan dengan dipersyaratkan dengan melampirkan hasil laboratorium uji Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan hasil negatif AI sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.
5.                  Surveilans partisipatif oleh Tim partisipatory Disease Surveylance and Respons (PDSR) menerapkan detektif dini, lapor dini dan respon dini.
6.                  Restrukturisasi perunggasan atau penataan kawasan peternakan perunggasan (pembibitan ayam ras dan itik) yang harus cukup jauh dari pemukiman dan peternakan budidaya.
7.                  Public awareness melalui iklan layanan masyarakat, dialog interaktif, berita yang proposional dan mengaktifkan jalur layanan komunikasi.
8.                  Penerapan peraturan di daerah dalam bentuk peraturan daerah, peraturan gubernur, peraturan bupati/walikota yang mengacu pada UU 18/2009, PP dan Permentan dari pusat

Sumber : Sinar Tani Edisi 15-21 April 2015 N0. 3603 Tahun XLV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar