Welcome to BPP Kedungwaru

Selasa, 08 Maret 2016

" JIKA AYAM TERSERANG PILEK / SNOT "

           Ayam mudah diternak, tetapi sangat rawan terhadap serangan penyakit. Salah satu jenis penyakit yang cukup membahayakandalam beternak ayam adalah penyakit “Pilek” atau yang disebut pula dengan “Snot” karena bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Jika penyakit pilek ini sampai menyerang ayam pedaging, akan mengakibatkan banyaknya prosentase afkir dan bila menyerang ayam petelur, akan
menyebabkan penurunan produksi sebanyak 20-40%. Tidak diragukan lagi bahwa penyakit pilek merupakan penyakit yang membahayakan dalam beternak ayam.
           Tentunya setiap peternak ayam tidak menginginkan ternak unggasnya yang sedang dipelihara diserang pilek. Untuk menghindarinya atau menekan sekecil mungkin kerugian yang diakibatkannya, bila sampai ayam yang dipeliharanya itu diserang pilek perlu melakukan pencegahannya sedini mungkin dan bila sudah terlanjur terserang harus segera dilakukan pengobatan. Untuk membantu usaha pencegahan dan pengobatan, kita perlu mengetahui tanda-tanda serangan dari penyakit pilek tersebut. Sebagai tanda bahwa ayam diserang pilek antara lain:
  • Pada tahap awal serangan hidung ayam mengeluarkan cairan yang agak encer dan kelamaan cairan akan semakin mengental, dan ayam sering bersin.
  • Ayam menjadi berkurang nafsu makannya dan dalam keadaan parah, ayam hanya makan sekitar 50 sampai 60 % dari jumlah pakan yang berikan.
  • Serangan pada ayam petelur produksi menjadi menurun, pada ayam broiler pada ayam (pedaging) penyakit ini biasanya dating pada masa finisher.

Pencegahan
            Agar serangan penyakit pilek ini tidak menjalar sebaiknyamelakukan pencegahan sedini mungkin, apabila sudah terlanjur menyerang segera dilakukan pengobatan.
Upaya pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya sewaktu akan memelihara ayam, pilihlah ayam yang umurnya seragam yang akan dipelihara dalam satu kandang atau satu kelompok kandang. Kandang mempunyai ventilasi udara yang baik dan lantai kandang selalu kering. Buatlah kandang yang agak berjauhan antara ayam yang umurnya berbeda. Ayam yang dipelihara dalam satu kandang jangan terlalu banyak sehingga tidak berdesakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar