Welcome to BPP Kedungwaru

Senin, 07 Maret 2016

Jamu Ternak Kambing



Ternak kambingmerupakansalahsatujenisternakkecil yang telah lama dipeliharaolehmasyarakat yang berdomisilidipedesaan. Padaumumnyamasyarakatdalambeternakkambingmasihmerupakanusahasampingandengan system pemeliharaantradisional.

            Ternakkambing PE merupakanjeniskambing yang dapatmenghasilkandagingdansusu, sehinggahalinisangatmenguntungkanbagi para petaniternakkambingsekaligusdapatmeningkatkanpendapatandankesejahteraannya
Dalamsetiapusahapeternakanpencegahanpenyakitadalahmerupakantindakan yang lebihbaikdanekonomisdaripadamengobatipenyakit. Walaupunternakkambingtermasukternak yang tidakmudahterserangpenyakit, akantetapisetidaknyapeternakharusmengetahuiusaha-usahaataulangkah-langkah  yangharusdilakukanuintukpencegahandanpenanggulanganpenyakit. Adabeberapapenyakit yang seringmenyerangpadaternakkambingyaitu ;diare, radangparu-paru, orfdankembungperut.


1.     RADANG PARU-PARU
Radangparu-paruataudisebutjugadenganpneumeniaadalahpenyakit yang disebabkanolehbakteri, Selainbersifatakut  (penyakitdapat
menyebabkankematiandalamwaktubeberapa jam saja ) dapatjugabersifatmenahun yang belangsungsampaibertahun-tahun.
Ø   Tanda-tandapenyakit
Demamdannafsumakanmenurundiikutidengankeluarnyacairanbeningdarihidung
Cirikhaspenyakitiniadalahbatukkeringdisertaisesaknafasdanterlihatpernafasannyasangatberat
Kambingkelihatansangatkurusdantulangrusukkelihatanmenonjolkeluar.
Ø   Pencegahandanpengobatannya
Jamuuntukternakdapatdiberikansebagai alternative pencegahandanpengobatanpenyakitinidengandosis 40 cc setiap 2 hari

2.     KEMBUNG
Padadasarnyakembungperutberasaldariketidakmampuankambinguntukmengeluarkan gas daridalamperutnya. Kondisisepertiinidapatmenyebabkan rasa kurangenakdanjikadibiarkanberlarut-larutakanmenyebabkankematian.
Penyebabutamadarikembungadalahkarenapemberianrumput yang terlalumuda, rumput yang masihbasahdanberembun, makananberjamurdankarenamakanan yang mutunyajelek. selainitudapatdisebabkanolehkambing yang terlalubanyakmakan. halinidisebabkankarenaperuttidakmampumencernamakanansekaligussehinggamakanandalamperutmenjadibusukdanterbentuklah gas. Gas dalamperutinilah yang nantinyaakanmenyumbatkerongkongandanmengakibatkankembung.
Jamuuntukternakdapatdiberikansebagai alternative pencegahandanpengobatanpenyakitinidengandosis 40 cc setiap 2 hari
 
 
Kandang yang bersihmerupakanupayapencegahanpenyakit
3.     Diare
KumanE.Colimerupakanpenyebabdanmempunyaihubungan yang eratdengankondisilingkungankotor. Gejalapenyakitiniantara lain kambingterlihatlemahdanmencretberairdenganbau yang sangatmenusuk. Kambingakankehilangannafsumakandandapatberakibatpadakematian.
Pencegahanterhadappenyakitinisangatpentingdengancaramemisahkannyadenganternak yang sehat.

4.     ORFataudakangan
ejalapenyakitadalahperadangan yang menebaldanmengerakpadadaerahbibirdangusisertakadang-kadangterlihatjugapadaambingataudaerah yang berbulujarang. Akibatnyaternakmerasasakitsehingganafsumakanmenurunatauhilangsamasekali.
Upayapencegahandilakukandenganmemisahkanternak yang tertulardenganternaksehat.

Pengobatandanpencegahanpenyakitternakdenganjamumerupakansalahsatu alternative supayaternak yang dipeliharamenjadisehat. Tanamanempon-emponsebagaibahanjamusudahdimanfaatkandantelahterkenalkhasiatnyabagikehidupanmanusia.



Rumpuntanamanempon-emponadalahtanaman yang diambilrimpangnyasepertijahe, kunyit, kencur, temulawak, lengkuasdanmasihbanyaklagijenislainnya. Didalamtanamanempon-emponterdapatzat-zat yang sangatbergunabagikehidupanmanusiamaupunhewansepertikarbohidratdan protein. Disampingitumengandung pula minyakatsiri yang berkhasiatterhadapkesehatantubuh.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar