Welcome to BPP Kedungwaru

Senin, 21 Maret 2016

Teknologi Pasca Panen Pepaya


Carica papaya, L merupakan tanaman serbaguna yang buahnya dimanfaatkan sebagai buah meja bermutu dan bergizi tinggi yang banyak dikonsumsi masyarakat. Dalam 100 g pepaya matang mengandung vitamin A (1.094 – 18.250 SI), vitamin C (62 – 72 mg), kadar serat 1,8 g dan mineral natrium dan kalium.
Selain kandungan gizinya, pepaya memiliki multi manfaat, diantaranya :
  Akar digunakan sebagai obat penyembuh sakit ginjal dan kandung kemih.
  Daun digunakan sebagai obat malaria, kejang perut dan sakit panas. Daun yang muda untuk menambah nafsu makan dan menyembuhkan penyakit beri-beri.
  Batang, buah muda dan daun mengandung getah putih berisi enzim papain yang berguna melunakkan daging dan sebagai bahan baku industri.
  Buah pepaya dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, dan dapat diolah menjadi sari pepaya, dodol, atau bahan baku pembuatan/campuran saus tomat.
  Buah pepaya mudah mengalami kerusakan dan penurunan kualitas. Faktor penyebabnya, antara lain cara panen yang kurang tepat, penanganan buah dari kebun ke tempat pengemasan dan adanya infeksi buah oleh jamur.
  Beberapa cara penanganan pascapanen pepaya agar dapat dipertahankan mutu dan diperpanjang daya simpannya antara lain melalui teknik pemanenan, pelilinan, dan pengemasan.

SORTASI
  Setelah buah dipetik, proses selanjutnya melakukan sortasi yang bertujuan untuk memisahkan pepaya yang mutunya baik dengan yang kurang baik.
  Sortasi dapat dilakukan langsung di lapangan maupun di rumah pengemasan, secara manual maupun mekanis.

PENGKELASAN/GRADING
  Pemilahan bertujuan untuk memisahkan pepaya berdasarkan mutu, berat dan ukuran.
  Pemilahan dilakukan secara visual dan manual, baik di rumah pengemasan atau di kebun berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan berat.
  selama pemilahan diusahakan terhindar dari kontak sinar matahari langsung karena menyebabkan penurunan bobot buah, pelayuan dan peningkatan aktivitas pematangan/respirasi.

PEMBERSIHAN
  Pembersihan pepaya dapat dilakukan dengan cara dicuci.
  Pencucian dilakukan dengan cara merendam dalam air bersih dalam waktu yang singkat atau menyemprotkan air ke seluruh permukaan buah. Dapat juga ditambahkan klorin.
  Kemudian dikering anginkan atau menggunakan kipas angin.

PENGEMASAN
  Pengemasan buah pepaya umumnya menggunakan kertas/kantong semen, kertas koran polos, net foam maupun plastik pembungkus (wrap) untuk menghindari luka pada buah dan dimasukkan dalam keranjang yang juga dilapisi kantong semen dan sejenisnya.
  Buah dipak ke dalam kotak karton dengan ujung tangkai menghadap ke bawah

Buah pepaya dapat diperpanjang daya/ketahanan simpannya dengan beberapa perlakuan, yaitu
a. Penundaan Kematangan
     Pelilinan bertujuan menghambat respirasi sehingga proses pematangan dapat ditunda.
  Pelapisan dengan lilin lebah (carnauba) atau yang direkomendasikan, caranya dicelup atau disemprot menggunakan emulsi lilin selama 10-30 detik. Setelah itu ditiriskan dengan dikeringanginkan atau menggunakan kipas angin.
b. Pengendalian Suhu
   Suhu rendah bertujuan memperlambat laju respirasi. Dengan menyimpan buah pepaya pada suhu 12oC, masa simpan dapat mencapai 3 minggu.
     Penyimpanan di bawah suhu 12oC akan menyebabkan chilling injury.
c. Pengendalian Jumlah Etilen
     Umumnya digunakan gas perangkap etilen seperti KMnO4.
     Cara ini dapat mempertahankan daya simpan pepaya 9-12 hari.
     Cara lain adalah tidak mencampur buah yang sudah matang karena mengeluarkan gas etilen.
d. Kemasan Pengatur Udara
     Tujuannya mengatur konsentrasi O2 dan CO2 dalam kemasan.
     Pepaya dimasukkan ke plastik berpori (Low Density Poly Ethylene - LDPE).

PENANGANAN HAMA PENYAKIT PASCAPANEN
  Hama lalat buah jenis Bactrocera dorsalis. Pengendalian : menggunakan mankozeb atau dengan cara Vapour Heat Treatment/VHT (dicelupkan dalam air bersuhu 45oC selama ± 30 detik) .
  Penyakit umumnya disebabkan oleh : Colletotrichum gloesporioides (Penz) Sacc, Phomopsis sp., Alternaria alternate, Fusarium sp. dan Botryodiplodia theobromae.
  Jamur Colletotrichum gloesporioides menyebabkan 2 gejala yaitu antraknosa dan bercak coklat (brown spot). Ciri-cirinya: noda yang diangkat pada permukaan buah, berwarna coklat kemerahan dengan diameter 0,5-0,2 cm. Gejala antraknosa berupa noda di permukaan dan setelah infeksi berlanjut akan terbentuk cacat dengan massa spora berwarna merah jambu pada bagian tengah noda. Pengendalian : dengan penyemprotan mankozeb pada pepaya ketika bunga mekar pertama kali, dilanjutkan dengan pencelupan buah setelah dipanen dalam air yang mengandung benomyl, thiabendazol.

DAFTAR PUSTAKA :
  Anonim. 2011. Pepaya. Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan Teknologi, Sentra Informasi Iptek. Jakarta.
      Hardiansyah, R. 2011. Standar Kemasan Pepaya di Pasar Modern (Makalah pada Pertemuan Pascapanen Pepaya di Cisarua). PT. Mulia Raya Agrijaya. Jakarta.
   Kelik. 2011. Penanganan Panen dan Pascapanen Pepaya Boyolali (MJ.9) (Makalah pada Pertemuan Pascapanen Pepaya di Cisarua). Poktan Ngudi Laras Kecamatan Mojosongo. Boyolali.
       Suhartanto, M.R. 2011. Penanganan Buah yang Baik (Makalah pada Pertemuan Pascapanen Pepaya di Cisarua). PKBT-IPB. Bogor.
    Widayanti, S.M. 2011. Teknologi Penanganan Pascapanen Buah Pepaya (Makalah pada Pertemuan Pascapanen Pepaya di Cisarua). Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Bogor. 

1 komentar:

  1. Mohon infonya kalau mau beli net foam dimana ya, no hp saya 085235721313. Trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus