Welcome to BPP Kedungwaru

Kamis, 25 Februari 2016

Khasiat Tanaman 'SUKUN"



KHASIAT TANAMAN SUKUN
Oleh :  Mulyo Apriyanto.SP

SUKUN merupakan tanaman yang sangat populer di masyarakat. Kepopulerannya bisa dilihat dari penggunaan nama buah ini untuk produk rokok. Sukun (Artocarpus altilis) termasuk famili Moraceae/alias keluarga Mulberry atau lebih sering dikenal sebagai  bread fruit atau buah roti. Tanaman ini tumbuh pada daerah tropis, seperti Indonesia,  Thailand, Vietnam, dan Kamboja. 


Seluruh bagian tanaman sukun mengandung senyawa flavonoid. Uji khasiat pada lingkungan buatan maupun pada tubuh hidup terhadap ekstrak tanaman ini,dan menunjukkan hasil sangat baik.

Uji pada tubuh hidup, misalnya, menyimpulkan bahwa ekstrak etil asetat yang mengandung flavonoid dan Beta-sitoserol dengan perbandingan 100 mg/kg dan 20 mg/kg dapat menghambat agresi platelet, mengurangi viskositas darah, dan melindungi jantung dari iskemia yang akut. Selanjutnya, uji khasiat ekstrak etil asetat terhadap kadar kolesterol darah dan akumulasi lemak pada dinding pembuluh darah aorta pada tikus galur Wistar menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat dosis 150 mg/ kg berat badan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan.

Meskipun tanaman sukun sangat populer, namun tak gampang menemukan daun itu dikota besar seperti Jakarta. Bahkan diperdesaanpun tak banyak orang yang menanamnya. Hal ini disebabkan karena, selain tanaman ini kurang "menjual" masyarakat belum banyak tahu, akan manfaat tanaman ini, bahkan sering dijumpai orang menebang pohon ini di pekarangannya, dan menggantinya dengan tanaman lain, seperti mangga, pisang, kelapa,  bahkan tanaman lainnya.

Buah sukun berbentuk bulat, berkulit tebal dan kasar, buah muda berwarna hijau muda, berat buah mencapai 1,5 - 3 kg. Buah sukun yang tua akan ditandai dengan keluarnya getah pada permukaan kulit, dan akan  menyelimuti keseluruh permukaan buah, menyebabkan warna buah menjadi hitam. Buah sukun selain dijual mentah, dapat juga dimanfaatkan menjadi bahan baku seperti tepung sukun, atau diolah menjadi makanan ringan/semisal direbus, digoreng, atau dibuat keripik.

Selain buah, sesungguhnya tanaman sukun sangat banyak manfaatnya. Sukun mampu menghambat akumulasi lemak pada dinding pembuluh darah aorta sehingga tidak terjadi penimbunan lemak. Masyarakat Taiwan secara tradisional menggunakan akar dan batangnya bagi pengobatan penyakit hati dan hipertensi. Bahkan masyarakat Ambon memanfaatkan kulit batangnya, untuk obat mencairkan darah bagi wanita yang baru/8-10 hari melahirkan, daunnya mempunyai khasiat buat kesehatan, efektif untuk mengobati berbagai penyakit, seperti liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, ginjal dan hipertensi.
Daun sukun juga mengandung beberapa zat berkhasiat, seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan sebagainya. Zat-zat ini mampu mengatasi peradangan. Sebagai alternatif mengobati hipertensi, penggunaan daun sukun sangatlah mudah. Ambil 2-3 tiga lembar daun yang muda, cuci bersih pada air mengalir, rajang atau iris daun, perajangan dilakukan agar ekstrak daun lebih banyak keluar, selanjutnya rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, dan air mengalami perubahan warna merah, seperti teh/dan hanya tinggal 1 gelas saja, perebusan sebaiknya menggunakan panci stainless steel atau belanga, angkat, minum air rebusan dalam keadaan hangat.
Untuk menanggulangi hipertensi, air rebusan diminum 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore atau malam hari. Agar tidak repot bolak-balik mengambil dua hingga tiga lembar daun, sebaiknya sediakan rajangan daun sukun kering untuk seminggu. Caranya, siapkan lembar daun muda sebanyak 2-3 x 7 = 14-21 lembar. Proses selanjutnya persis seperti cara di atas, sehingga kita punya sejumlah rajangan daun sukun kering, tapi dibagi-bagi menjadi tujuh bungkus. Tiap hari ambil sebungkus, rebus, saring, dan minum. Jika Anda termasuk tak tahan pahit, bisa ditambahkan sedikit madu setiap kali minum.

Sumber:  Saeroji, SP
BBPP – Ketindan Malang

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya sangat berguna dan produknya juga bermanfaat.... kalau ada waktu boleh ke tempat saya di Dee Jus kami menjual berbagai produk alami, mencegah lebih baik dari pada mengobati......
    Terimakasih...

    BalasHapus