Welcome to BPP Kedungwaru

Selasa, 12 Maret 2013

PRINSIP DASAR PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI

Pemberdayaan akan efektif apabila :
1.    Dapat menciptakan sistem yang kondusif dalam lingkungan kelompok yang seperti :
Ø  Saling mempercayai
Ø  Saling mendukung antar anggota
Ø Saling mendukung antar anggota dan pembinanya sehingga pembinaan tidak  mengalami kegagalan
2.    Keberadaan dan keberhasilan sangat ditentukan oleh peran aktif anggotanya.
3. Sedangkan para pendamping yang memiliki peran sebagai  fasilitator hanyalah sebagai pendukung untuk tercapainya  tujuan yang diinginkan Kelompok.
4.  Swadaya masyarakat berdasarkan Prinsip dasar DARI, OLEH, dan UNTUK petani maka dalam kelompok harus ada aturan yang tertulis maupun sebagai pegangan dalam mencapai Tujuan/Cita-cita bersama.
5. Secara umum pemberdayaan diartikan sebagai upaya yang dilakukan oleh petani/kelompok tani dalam  peningkatan dan penguasaan  serta pemanfaatan sumber daya dari dalam  maupun dari luar untuk mencapai tujuan.

Kelompok tani  yang berdaya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
v  Memiliki kemampuan dalam membuat perubahan kearah yang lebih baik dari sebelumnya dan  bisa menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di lapangan.
v  Memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan yang terbaik bagi kelompoknya secara mandiri sehingga akan mampu mewujudkan keadilan bagi anggotanya.
v  Memiliki kemampuan dalam menggali dan memanfaatkan sumberdaya secara kesinambungan untuk menghasilkan perubahan yang lebih baik  dari masyarakat sekitarnya.

3 komentar: