Welcome to BPP Kedungwaru

Minggu, 17 Januari 2016

Kelompok Tani Sebagai Media Belajar


Pendahuluan
           Kelompok tani adalah kumpulan petani yang terkait secara informal atas dasar keserasian dan kebutuhan bersama dengan diketuai seorang kontak tani.
                Kelompok Tani mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.       Wadah belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para anggota.
2.       Wadah/kesatuan produksi untuk meningkatkan efesiensi dalam usaha para anggota, dan menghimpun modal untuk kepentingan bersama.
3.       Wadah kegiatan sosial para anggota.

                Dengan demikian, anggota-anggota berhubungan satu sama lain secara akrab dan intensif. dan mempunyai persamaan kepentingan–kepentingan dan tujuan. Serta melakukan usaha bersama. Misalnya kelompok taniternak itik,adalah yang mempunyai kegiatan-kegiatan usaha peternakan itik.

a.       Ciri-ciri Kelompok Tani.
Kelompok tani yang efektif dan baik harus memiliki  lima buah cirri berikut ini:
1.       Merupakan kelompok kecil yang efektif untuk bekerja sama dalam kegiatan.
2.       Anggotanya adalah petani yang berada di lingkungan pengaruh seorang kelompok tani.
3.       Mempunyai minat, kepentingan yang sama.
4.       Para anggota biasanya memiliki kesamaan
5.       Bersifat informal.

a.       Fungsi Kelompok Tani
           Terbentuknya sebuah kelompok tani di suatu wilayah tentu di harapkan akan merupakan wadah kebersamaan para petani dalam upaya untuk menuju kearah tercapainya petani yang tangguh.
            Untuk dapat mewujudkan harapan tesebut maka kelompok tani seharusnya dapat berfungsi sebagai :
1.       Kelas belajar.
2.       Wadah kerja sama.
3.       Unit produksi.
4.       Organisasi kegiatan bersama.
5.       Kesatuan swadaya dan swadana.

b.      Peran Kelompok Tani.
           Sebuah kelompok tani dalam pembangunan pertanian harus memiliki peranan sebagi berikut :
1.       Sebagai media komonikasi dan pergaulan sosial yang wajar, lestari dan dinamis.
2.       Sebagai basis untuk mencapai pembaharuan secara merata.
3.       Sebagai pemersatu aspirasi yang murni dan sehat.
4.       Sebagai wadah yang efektif dan efesien untuk belajar serta bekerja sama dalam usaha tani.
5.       Sebagai teladan bagi masyarakat pedesaan.

a.       Pembentukan Kelompok Tani.
           Kelompok Tani pada dasarnya terbentuk karena keinginan, pemufakatan dan prakarsa para petani sendiri.Sebagai akibat dari pembinaan para penyuluhan sebelumnya.
            Agar para petani mau membentuk kelompok tani perlu dirangsang dan dimotivasi antara lain dengan cara berikut :
1.       Memberikan penerangan mengenai keuntungan dan cara-cara kerja kelompok tani melaui ceramah, diskusi, anjang sana, pemutaran film, siaran pedesaan, penyebaran brosur, leaflet dan lain-lain.
2.       Mengajak para kelompok tani berkarya wisata mengunjungi kelompok-kelompok yang sudah maju.

b.      Kemampuan Kelompok Tani.
   Dengan berlangsungnya fungsi kelompok tani dengan baik, maka kelompok tani akan memiliki berbagai kemampuan dalam usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan anggotanya.
                Kemampuan kelompok tani didalam kegiatan penyuluhan dikenal dengan sepuluh jurus kemampuan kelompok.
                Sepuluh jurus kemampuan kelompok adalah sebagai berikut :
1.       Daya serap informasi.
2.       Perencanaan.
3.       Kerja sama dan pelaksanaan perencana.
4.       kemampuan dan pengadaan dan pengem-bangan fasilitas dan sarana.
5.       Pemupukan modal.
6.       Ketaatan terhadap perjanjian.
7.       kemampuan dalam mengatasi keadaan darurat.
8.       Pengembangan kader.
9.       Hubungan melembaga dengan koperasi.
10.   produktivitas usaha tani.
                Berdasarkan penilaian terhadap sepuluh jurus kemampuan inilah kelompok tani diklasifikasikan saebagai berikut :
C  Kelompok pemula.
C  Kelompok lanjut.
C  Kelompok madya.
C  Kelompok utama




1 komentar:

  1. ( KISAH NYATA LULUS PNS GURU KOTA KUPANG)
    Saya seorang honorer 5 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya di tahun 2016 Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.
    Mohon maaf mengganggu waktunya sy cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2016 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di Salah satu SD INPRES PALSATU desa Lasiana di provensi Nusa Tenggara Timur tepatnya Kota Kupang Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Drs. SIDIK KADARUSMAN beliau selaku (DIREKTUR PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN BIDANG KEPANGKATAN, PENGANGKATAN, DAN PEMBERHENTIAN DALAM JABATAN ) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs. SIDIK KADARUSMAN Handphone Beliau ( WA. 0852 4429 7611 ),siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 09 Desember 2017 kemarin saya melakukan komunikasi kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    -Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Selalu mensupport aku
    -Terimakasih untuk khususnya (DIREKTUR PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN BIDANG KEPANGKATAN, PENGANGKATAN, DAN PEMBERHENTIAN DALAM JABATAN ) Drs. SIDIK KADARUSMAN, Msi beliau selaku petinggi BKN PUSAT, dialah yang membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.
    Salam & Terimakasih

    BalasHapus