Welcome to BPP Kedungwaru

Rabu, 18 Desember 2013

PENGARUH PUPUK KANDANG TERHADAP PRODUKSI SAYURAN


PENGARUH PUPUK KANDANG TERHADAP PRODUKSI SAYURAN
Oleh : Budi Kasiyono,AM,d.SP
1 . Pendahuluan.
Tanaman sayuran pada umumnya mempunyai akar yang dangkal dan tersebar di lapisan tanah paling atas, sehingga untuk menghasilkan pertumbuhan dan produkti- fitas yang maksimal diperlukan tanah gembur dan banyak mengandung humus. Aki-bat perkembangan ilmu dan teknologi pemakaian pupuk an organic semakin tinggi harga serta penggunaanya sehingga sangat mempengaruhi kesuburan tanah dan keras keadaan tanahnya . Dalam hal ini sehingga penggunaan pupuk organic berperan sangat penting bagi pertumbuhan dan produksi sayur-sayuran.


2 . Peranan Pupuk Kandang.
            Pupuk organic berupa pupuk kandang mempunyai peranan member makanan yang tidak terdapat pada pupuk an organic serta dapat memperbaiki kondisi struktur tanah dan terkandung unsure hara mikro dan makro. Dalam rangka meningkatkan produktifitas sayuran pada umumnya petani banyak menggunakan pupuk kandang . Hal yang perlu diperhatikan dari petani sayuran adalah mempertimbangkan dalam memilih jenis pupuk an organic dan perhitungan nilai ekonomisnya. Ternak yang menghasilkan kotoranya sangat terbatas sehing- ga harus dicarikan alternative yang lain yaitu kompos dan pupuk hijau.
3 . Pertanian Organik.
           Semakin banyaknya konsumen sayur-sayuran serta paham dan mengerti akan bahaya racun serta residu yang ditinggalkan dalam sayur tersebut akibat penggunaan pupuk kimia dan pestisida, maka dari itu budidaya sayuran organic perlu ditingkatkan dan dilakukan dengan baik sesuai teknis pertanian yang dianjurkan.


Sumber Data :  Menuju Pertanian Tangguh

1 komentar: