Welcome to BPP Kedungwaru

Sabtu, 23 Februari 2013

WISATA KULINER DI PASAR SENGGOL



           

             Pasar Senggol terletak di Desa Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Lokasinya Lembaga Pemasyarakatan ( LP ) Tulungagung arah ke timur ± 2 Km.

Riwayat timbulnya Pasar Senggol semula ada orang jualan makanan sompil di perempatan jalan, pada waktu  pagi di hari Minggu  sekitar jam 06.00 , kebetulan ada anak-anak muda-mudi  sedang jala-jalan pagi  diperempatan jalan ketemu orang jualan makanan Sompil ( Makanan khas Orang Desa ) di Tulungagung tidak asing lagi,  terus sama beli makanan sompil, karena jumlah anak muda yang akan beli banyak, sedang bakulnya hanya satu orang maka  saling berebut untuk dilayani duluan maka terjadi senggol-senggolan sesama teman maklum anak muda menggunakan kesempatan dalam kesempitan saling senggol-menyenggol, peristiwa ini terus berlangsung semakin hari semakin tambah banyak anak-anak muda-mudi  yang jalan-jalan pagi di hari Minggu ,dan berita ini disebar luaskan dari mulut kemulut kalau diperempatan jalan di Desa Bangoan pada hari Minggu pagi  ada orang jualan makanan sompil,maka seiring berjalannya waktu semakin ramai, pepatah mengatakan ada gula ada semut, dimana ada tempat sumber mencari rezeki ,maka disitulah akan dikunjungi banyak orang  . Begitulah ceritanya mengapa Pasar ini dinamakan PASAR SENGGOL “

 Suasana Pasar Senggol dihari Minggu pagi.

 Maka jumlah orang  yang berjualan makanan juga semakin  bertambah tidak hanya sompil saja tapi  semua makanan khas desa dijual seperti :  Getuk,cenil,kicak, nasi jagung,tiwul dan lain-lain semua makanan khas desa dijual disana.
                        Melihat perkembangan orang jualan makanan semakin hari semakin bertambah dan jumlah pengunjungpun semakin ramai,maka Pemerintah Desa dan Pemkab Tulungagung membuatkan Lokasi dan dibangun tempat jualan yang permanen dan bersih.
                       Demikianlah asal muasalnya nama  Pasar Senggol  sampai hari ini  Nama Pasar Senggol  sudah dikenal seluruh warga Tulungagung, bahkan orang luar Tulungagungpun sudah mulai banyak berdatangan dipagi hari Minggu. Untuk menjaga kebersihan karena yang dijual adalah makanan,maka Ibu-ibu PKK baik tingkat Desa,Kecamatan dan PKK Kabupetan sering mengadakan pembinaan agar ibu-ibu yang berjualan selalu memperhatikan kebersihan dan  anjuran tanpa menggunakan bahan pengawet.
                        Hal ini sangat diperhatikan oleh ibu-ibu yang berjualan, semua makanan yang dijual bebas dari bahan pengawet, dan pewarna menggunakan alami seperti hijau dari daun pandan, warna kuning dari kunir dsb.


                                                                                                                   

                        Dengan munculnya Pasar Senggol di Desa Bangoan,maka kawasan sekitarnya sekarang jadi Ramai bahkan ada Perumahan disana  namanya Perumahan Bangau Putih Permai, dan mulai muncul kios-kios ,ada toko Bangunan, Super Market, ada Toko Mas dan kios-kios pakaian maupun kebutuhan Rumah tangga lain nya tak ubahnya seperti kota kecil disana, padahal  dulu merupakan areal pertanian letaknya jauh dari perkampungan, namun sekarang sudah berubah jadi komplek niaga berkat adanya PASAR SENGGOL .



                       Disisi lain adanya PASAR SENGGOL   akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat tani disana,terutama para ibu-ibu yang jualan makanan, malah sekarang tidak hanya pada hari Minggu pagi saja, bahkan tiap malam selalu ada orang yang jualan makanan, selain makanan khas seperti sompil,kicak, cenil, nasi jagung, tiwul bahkan sekarang juga ada yang jualan ayam goreng ada  3 kios, bak PUJASERA  II di pasar Ngemplak.
                  Untuk itu bagi yang belum pernah hanya mendengar Pasar Senggol, bukti kan dan kunjungi sambil jalan-jalan pagi dihari Minggu anggaplah sebagai wisata “ Kuliner  “ bersama keluarga sekaligus mensukseskan program pemerintah yaitu menggalak kan gerakan penganeka ragaman pangan. Tak tunggu kedatangan anda

                      

                                  Penulis mencoba membuat Geguritan tentang pasar senggol


DANDHANG GULO PASAR SENGGOL
PASAR SENGGOL,RAME MINGGU PAGI
TUWO LAN MUDHO PADHO TEKO
SAMYO  GOLEK KESENENGANE
SAK KABEHING PANGANAN,SARWO PEPAK KARI MILIH
REGO MURAH MIROSO,NING GIZI BERMUTU
PINGIN BUKTI NYATAKNO,WERUH PISAN ORA LALI
WIS KONDHANG PASARE SENGGOL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar