Welcome to BPP Kedungwaru

Minggu, 30 Desember 2012

PEMANFAATAN LIMBAH AIR KELAPA MENJADI OLAHAN KECAP AIR KELAPA


Pohon kelapa yang disebut juga dengan pohon nyiur biasanya tumbuh pada daerah atau kawasan tepi pantai. Sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pohon kelapa. Mulai dari batang, daun dan buahnya, semua dapat dimanfaatkan. Mungkin karena manfaatnya sangat banyak, pohon kelapa dijadikan logo "Praja Muda Karana" (Pramuka) di Indonesia. Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk dalam genus : cocos dan species : nucifera

Bagian - Bagian Kelapa :
Buah kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa dan lembaga.

Kulit luar
Kulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang mempunyai permukaan licin dengan warna bervariasi dari hijau, kuning sampai jingga, tergantung kepada kematangan buah. Jika tidak ada goresan dan robek, kulit luar kedap air.

Sabut kelapa
Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa, yaitu 35 % dari berat keseluruhan buah. Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkan satu serat dengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Setiap butir kelapa mengandung serat 525 gram (75 % dari sabut), dan gabus 175 gram (25 % dari sabut).

Tempurung
Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Berat tempurung sekitar 15~19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.

Kulit daging buah
Kulit daging buah adalah lapisan tipis coklat pada bagian terluar daging buah.

Daging buah
Daging buah merupakan lapisan tebal (8~15 mm) berwarna putih. Bagian ini mengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah. Daging buah tua merupakan bahan sumber minyak nabati (kandungan minyak 35 %).
Air kelapa.
Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral. Kandungan zat gizi ini tergantung kepada umur buah. Air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco. Selama ini, air kelapa hanya dikenal sebagai pelepas dahaga. Bahkan, ada yang beranggapan, air kelapa hanyalah limbah dari buah kelapa. Padahal, dalam larutannya, air buah nyiur ini punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Layak memang, bila setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar. Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin,.
          Dalam pengembangan teknologi, banyak air kelapa dibuang begitu saja setelah daging kelapa diambil. Padahal air kelapa tersebut juga masih mempunyai nilai gizi sehingga setelah tersentuh teknologi tepat guna masih dapat dimanfaatkan menjadi kecap air kelapa yang mempunyau nilai ekonomis tinggi.  Dengan memanfaatkan  teknologi tepat guna diharapkan petani dapat meningkatkan pendapatan atau minimal untuk dikonsumsi sendiri guna menekan biaya keluarga dan juga tercukupinya nilai gizi.  

Peralatan :
-          Panci
-          Wajan
-          Kompor
-          Saringan
-          Alat penghancur bumbu/Blender
Bahan – bahan :
-      Air kelapa                        : 1 ltr
-      Gula kelapa / tebu            : 3/4 Kg
-      Pekak                               : 2 buah
-      Adas Pulowaras              : 1 sdt
-      Bawang putih                  : 5 siung
-      Daun salam                      : 2 lbr
-      Tumbar                            : 1 sdt
-      Garam                              : secukupnya
-      Sere                                 : 2 buah
-      Laos                                 : 1 ruas
-      kluwak                             : 1 butir
-      Kepala ikan laut (sisa)  : 2-3 buah
Cara membuat :
-          Bumbu – bumbu dihaluskan, akan tetapi sebelumnya di sangrai dulu.
-          Air kelapa di rebus, setelah mendidih bumbu dimasukkan
-          Setelah itu gula kelapa dimasukkan sambil diaduk-aduk dan ditunggu sampai agak kental baru di angkat dan disaring. Setelah dingin jadilah “ kecap air kelapa
            

###SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERMANFAAT  DAN TERIMA KASIH###

2 komentar: