Welcome to BPP Kedungwaru

Senin, 13 Mei 2013

GAPOKTAN ( LKM ) diserbu Masyarakat ( petani ) Plosokandang

   Desa Plosokandang adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Kedungwaru Kab Tulungagung, masyarakat/petani Desa tersebut berbondong-bondong menyerbu Gapoktan setempat karena petani sangat geram dan haus akan kesejahteraannya. 
Padahal dimana sebagian wilayahnya  adalah lahan persawahan yang subur, dengan sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Dengan kesuburan tanah tersebut,para petani menggarap sawah mereka dengan menanami lahan mereka dengan tanaman pangan, perkebunan dan lainnya. Mengingat akan kebutuhan  dan   demi kelancaran  pemenuhan semua kebutuhan mereka , Kelompok tani yang ada di Desa Plosokandang sebagai penggerak guna benyerbu Gapoktan Sri Gading Mas, yang mana Gapoktan tersebut sebagai wadah dari  Kelompok yang ada di Desa tersebut.
  Pengurus Gapoktan Sumber Gading Mas dengan adanya serbuan tersebut malah menantang siap menghadapinya....!!! dimana pengurus Gapoktan sudah menyusun kekuatan antara lain berupa simpan pinjam yang melalui LKM, penyediaan pupuk,benih dan obat, serta Alsintan, Semua itu bertujuan untuk peningkatan SDM , peningkatan pelayanan dan pendapatan para petani. 
   Yang pada akhirnya dengan di mediasi oleh Penyuluh bekerja sama Dinas terkait masalah tersebut dapat di lucuti dengan Tujuan penyuluhan pertanian guna menghasilkan SDM pelaku pembangunan pertanian yang kompeten sehingga mampu mengembangkan usaha pertanian yang tangguh, bertani lebih baik,  berusaha tani lebih menguntungkan,  hidup lebih sejahtera  dan lingkungan lebih sehat. Penyuluhan pertanian dituntut agar mampu sebagai mediasi dalam memberdayakan petani-nelayan, pengusaha pertanian dan pedagang pertanian, serta mendampingi petani untuk :
Keberhasilan penyuluhan pertanian dapat dilihat dengan indikator banyaknya petani, pengusaha pertanian dan pedagang pertanian yang mampu mengelola dan menggerakkan usahanya secara mandiri, ketahanan pangan yang tangguh, tumbuhnya usaha pertanian skala rumah tangga sampai menengah berbasis komoditi unggulan di desa. Selanjutnya usaha tersebut diharapkan dapat berkembang mencapai skala ekonomis. Semua itu berkorelasi pada keberhasilan perbaikan ekonomi masyarakat, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
          Dengan kejadian tersebut maka Gapoktan, Kelompok Tani dengan didampingi Penyuluh yang bekerja sama dengan Dinas terkait dapat mengambil hikmah guna masa depan yang sesuai harapan.
SERBUUUUUUU..........!!!!!!!
                                                                                                                                    Penulis, eko. K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar