Welcome to BPP Kedungwaru

Rabu, 19 September 2018

Manfaat Daun Keji Beling untuk Hancurkan Batu Empedu

oleh Susanti Dewi Anggarani, SP


 

Mungkin anda pernah menemui tanaman bersisik dan kasar di sekitar rumah anda? Tanaman ini mudah tumbuh, bahkan tak perlu perawatan ekstra untuk membudidayakan. Nama tanaman tersebut adalah keji beling.
Selain nama dan tampilannya yang bersisik, ternyata keji beling memiliki beberapa manfaat untuk obat alami.
Tumbuhan keji beling sangat mudah beradaptasi di iklim tropis seperti di Indonesia. Karena itu tanaman ini bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Dengan mudahnya tumbuh, tanaman ini sering disangka tanaman liar. Sehingga banyak yang tak menyangka bahwa tanaman ini bermanfaat sebagai obat gangguan ginjal.

Khasiat keji beling tersebut, karena tumbuhan ini mempunyai kandungan kalsium karbonat yang tinggi. Air rebusannya bersifat alkali yang lemah. Selain itu, daun keji beling mempunyai kandungan mineral yang sangat tinggi seperti kalium, kalsium, natrium, ferum dan fosfor.
Daun ini juga mengandung kafein dalam kadar yang rendah. Kalium yang terkandung dalam keji beling berfungsi melancarkan air seni, serta menghancurkan batu dalam empedu, ginjal dan kandung kemih. Sedangkan natrium berfungsi meningkatkan cairan ekastra seluler yang menyebabkan peningkatan volume darah.
Kalsium berfungsi membantu proses pembekuan darah dan sebagai katalisator berbagai proses biologi dalam tubuh dan mempertahankan fungsi membran sel. Sementara itu, asam silikat berfungsi mengikat air, minyak, dan senyawa-senyawa non-polar alinnya. Kandungan kalium, natrium dan kalsium itu membuat rasa keji beling pahit.
Cara Pengobatan
Siapkan 10 gram daun kering atau 30 gram daun keji beling segar. Cuci sampai bersih, lalu rebus dalam 250 ml air bersih sampai tersisa 150 ml setelah dingin, saring. Bagi untuk 3 kali minum dan habiskan dalam sehari.
Sediakan daun keji beling 25 gram, daun sawi 40 gram, biji sawi 20 gram, dan temu lawak. Cara pembuatannya, semua bahan direbus dalam 3 gelas air hingga tinggal separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 4 kali sehari dan lakukan secara teratur.

Sumber : Sinar tani edisi 3 november 2014
 

1 komentar:

  1. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bandotan/bandhotan/babadotan/wedusan, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    BalasHapus