Welcome to BPP Kedungwaru

Senin, 15 April 2013

Kandungan Daun Pepaya Sebagai Pencegah Kanker

Oleh : Novi Andy Senowati


        Daun papaya merupakan bagaian dari tumbuhan papaya yang mempunyai banyak manfaat. Daun pepaya rasanya memang pahit, tetapi dibalik rasa pahit itulah ternyata daun pepaya banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, namun sayang sekali banyak diantara kita yang masih belum mengetahuinya, padahal ada sebagian yang sangat menyukai daun pepaya ini. Biasanya mereka mengkonsumsinya bersama nasi dibuat sebagai lalapan.
      Dari beberapa penelitian dijelaskan batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu ( white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai anti kanker. Manfaat getah papaya untuk kesehatan dibuktikan secara ilmiah bersifat antitumor atau kanker. Peran itu dimungkinkan oleh kandungan senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh  kelompok rantai metilen.
             Dengan konfigurasi itu, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan karpain teryata juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan. Sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus. Daun papaya juga mengandung berbagai macam zat antara lain vitamin A, B1, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi dan air.
          Khasiat Daun Pepaya, Dalam riset yang dilakukan atau yang diketahui, ekstrak daun pepaya akan menghasilkan molekul yang disebut Th1 tipe sitokin yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini akan mendukung terapi yang memanfaatkan sistem imun untuk melawan kanker (Anonymous, 2012).
        Para ahli mengatakan, ekstrak pepaya tidak memiliki efek toksik pada sel normal sehingga lebih aman dari pada terapi kanker pada umumnya. Dalam penelitiannya, 10 tipe kultur sel kanker dipajang dengan ekstrak daun pepaya untuk kemudian diamati selama 24 jam. Ternyata, pepaya memperlambat pertumbuhan sel tumor pada semua jenis tipe kanker. Jadi konsumsi daun papaya secara teratur dapat menjauhkan kita dari bibit penyakit.


Artinya:
“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (Q.S Al-Baqarah 168)
      Dari penjelasan diatas bahwa penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika tidak ditangani secara cepat. Sebab penyakit kanker ini jika sudah terjangkit pada tubuh manusia sulit untuk di tangani. Berikut ini merupakan cara pengolahan menu makanan yaitu daun pepaya  yang bisa mencegah kanker.
Cara pengolahan daun pepaya secara tradisional
           Daun pepaya muda ditumbuk sampai lembut lalu diperas dan air perasannya diberi gula. Air perasan ini dapat disimpan selama 12 jam. Ramuan daun pepaya muda ini dapat diberikan pada anak umur satu tahun. Pemberian biasanya dilakukan selama 5 hari. Seiring kemajuan zaman, daun pepaya sudah banyak dibuat dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas dalam sediaan kapsul sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.
Menu makanan daun pepaya tanpa rasa pahit dengan cara ditumis
           Daun pepaya ini bentuknya hampir menyerupai daun singkong. Daun Pepaya Tetapi rasanya berbeda. Terkadang jika memakan daun pepaya akan terasa pahit dilidah. Bagi yang tidak menyukai rasa pahit, jangan berkecil hati karena tidak bisa memakan daun yang bermanfaat ini. Ada beberapa tips yang dapat kita ambil dari resep berikut ini :
Adapun bahan-bahan yang digunakan meliputi :
1.      Daun Bawang merah 5 siung,
2.      cabe hijau, bawang putih 3 siung,
3.      daun salam secukupnya,
4.      cabe merah secukupnya,
5.      ampo minyak sayur secukupnya, lengkuas 3 potong (2 mm),
6.      3 lembar (tanah liat yang sudah dikeringkan) /  daun jambu mede.
7.      Serta bumbu pelengkapnya seperti gula dan garam.
Adapun cara membuat menu masakan tumis daun pepaya :
·         Step 1( Merebus daun pepaya & menghilangkanrasa pahit)
Pilihlah daun pepaya yang muda saja. Panaskan air untuk sebagai rebusan daun pepaya. Cuci daun pepaya yang akan direbus. Rebus daun pepaya. Masukkan ampo (tanah liat kering) / daun jambu mede / daun jambu batu. Rebus hingga mendidih. Setelah direbus, diamkan selama ± 30 menit. Angkat daun pepaya yang sudah di rebus tersebut. Cuci hingga bersih.
·         Step 2 (Cara memasak)
Panaskan minyak sayur secukupnya sesuai kebutuhan anda. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah di iris. Tumis bawang2 hingga aromanya harum. Kemudian masukkan bumbu yang dibutuhkan sesuai selera seperti garam gula merica atau penyedap rasa lainnya
·         Step 3 Setelah bumbu sudah jadi (sesuai dengan selera)
Masukkan daun pepaya yang sebelumnya sudah di rebus dan di bersihkan. Tumis daun pepaya bersama bumbu-bumbunya. Aduk hingga merata. Pastikan bumbu merata dan sesuai selera dengan mencicipinya. Setelah matang, tiriskan daun papaya. Taburi dengan ikan teri dan bawang goreng. Sajikan yang menarik dari resep ini

Menu Rebusan Daun Pepaya
 Adapun bahan-bahan yang digunakan meliputi :
1.      Daun Pepaya Muda 2 Lembar
2.      Garam secukupnya(menghilangkan rasa pahit dan membuat daun tetap hijau)
3.      Gula secukup nya.
4.      Ajinomoto (micin) secukupnya
5.      Air mineral 2 gelas
 Cara pengolahan rebusan daun papaya
1.      Rebus air mineral sebanyak 2 gelas kedalam panci hingga mendidih
2.      Masukkan garam, gula, ajinomoto (micin) kedalam panci
3.      Kemudian masukkan daun pepaya muda kedalam panci tersebut.
4.      Setelah empuk, angkat rebusan tersebut kedalam mangkuk atau piring.
5.      Sajiakan secara hangat atau dingin menurut selera
  
 Menu Urap Daun Pepaya
 Adapun bahan dan bumbu pembuatan urap meliputi :
·         2 lembar Daun papaya
·         ¼ kecambah segar
·         Kelapa parutan secukupnya
·         Kacang panjang secukupnya
·         3 buah cabai merah
·         2 siung bawang putih
·         1 sendok teh air asam
·         1 1/2 sendok teh kencur cincang
·         3 lembar daun jeruk purut
·         1 sendok teh garam
·         2 sendok teh gula merah
Cara Membuat Urap Sayuran :
1.      Rebus taoge dalam air mendidih 1 menit, tiriskan.
2.      Rebus terpisah daun papaya, kacang panjang. Masing-masing tiriskan.
3.      Sambal urap : campur rata kelapa parut dengan bumbu halus, aduk rata, kukus kurang lebih 15 menit supaya lebih tahan lama. Angkat dan dinginkan. Campur sayuran dengan sambal kelapa, hidangkan.

Minuman daun pepaya dengan cara direbus
Pilih daun pepaya muda yang segar. Kemudian rebus sampai warna air berubah kehijauan. Tambahkan sedikit garam atau gula. Saringlah air tersebut. Minuman hangat daun pepaya siap disajikan.

Kesimpulan
              Kanker bukanlah suatu penyakit yang ringan. Langkah awal dalam pengobatan kanker adalah deteksi dengan benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh pasien adalah benar-benar sel kanker ganas. Deteksi ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan biopsy, sehingga langkah pengobatan bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Langkah berikutnya adalah terapi pengobatan dengan cara konvensional. Namun pada kenyataannya pengobatan dengan cara ini sering kali kanker belum bisa diatasi secara total.
          Oleh karena itu, dapat dijadikan sebagai suatu cara atau metode untuk pencegahan kanker karena ekstrak daun pepaya dapat berguna sebagai pencegah beberapa jenis penyakit kanker. Diduga juga unsur aktif dalam daun pepaya dapat berfungsi sebagai obat bagi penyakit tersebut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar